Selasa, 29 November 2011

Al-Qur'an Sahabat Ku

Aku dulu selalu kamu baca di waktu luangmu, aku masih ingat kamu membacaku dengan terbata-bata, saat berangkat mengaji kau dekap aku dengan hangat sambil berjalan kemasjid. Aku rindu tangan kecilmu yang membuka lembaran-lembaranku. Aku rindu suara merdu mu. Tapi ingatkah kalian denganku sekarang!! Aku telah berdebu diatas lemari, aku sudah mulai usang tak terawat, kini kau telah dewasa kau mulai menemukan kesenangan baru yang membuat mu tak ingat lagi padaku, taukah kamu betapa aku meridukan sentuhan dan suara merdumu.

Akhir-akhir ini banyak umat islam yang menjadikan Al-Qur'an hanya sebagai hiasan rumah semata.Sesungguhnya setiap manusia mempunyai kewajiban terhadap Al-Qur'an. Standar yang diberikan oleh Rasulullah dalam membaca Al-Qur'an: minimal satu juz setiap hari. Selain itu juga harus mempelajari kandungan Al-Qur'an. Sambil mempelajari kandungan Al-Qur'an kita juga harus mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan. Disamping itu, sebagai bukti kecintaan kita kepada Al-Qur'an, hendaknya kita pun berusaha untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Qur'an sesuai dengan kemampuan kita.

Rasulullah saw bersabda,”Seseorang yang didalam dadanya tidak ada Al-Qur'an adalah seperti rumah yang kosong dan tidak terawat.”

Selain itu, kita juga berkewajiban untuk mengamalkan Al-Qur'an, mengajak manusia untuk cinta kepada Al-Qur'an. Betapa banyak kita saksikan sekarang ini orang-orang yang telah melalaikan, mengabaikan dan melupakan Al-Qur'an. Ini berakibat pada hilangnya keberkahan dalam kehidupan. Untuk itu, marilah kita semua saling mengajak satu sama lain untuk kembali mencintai Al-Qur'an, agar kita mendapatkan kecintaan dan keridhaan Allah serta mendapatkan keberkahan dalam hidup kita.

Sesungguhnya Al-Qur'an merupakan pedoman hidup bagi umat manusia. Al-Qur'an menjelaskan kepada kita dengan amat jelas dan gamblang segala yang haq dan segala yang bathil. Dan juga akan meningkatkan kekuatan iman yang ada dalam dada kita, sehingga kita pun memiliki daya kekang yang lebih kuat terhadap berbagai macam syahwat. 

Taukah Keutaman Al Quran
Coba kita renungkan apabila kita membaca Al-Qur'an satu huruf maka kita akan mendapatkan satu kabaikan. Berdasarkan HR. Tirmidzi: “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Qu'an), maka ia akan mendapatkan satu kebaikan. Dan satu kabaikan itu dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alim Lam Mim sebagai satu huruf. Namun Alif merupakan satu huruf, lam satu huruf dan Mim juga satu huruf”.

Al-Qur'an juga sebagai pembela di akhirat. Abu Umamah r.a. berkata : "Rasulullah S.A.W telah menganjurkan supaya kami semua mempelajari Al-Qur'an, setelah itu Rasulullah S.A.W memberitahu tentang kelebihan           Al-Qur'an.

Telah bersabda Rasulullah S.A.W: “Belajarlah kamu akan Al-Qur'an, di akhirat nanti dia akan datang kepada ahli-ahlinya, yang mana di kala itu orang sangat memerlukannya.”

Ia akan datang dalam bentuk indah dan ia bertanya, "Kenalkah kamu kepadaku?" Maka orang yang pernah membaca akan menjawab : "Siapakah kamu? "Maka berkata Al-Qur'an : "Akulah yang kamu cintai dan kamu sanjung, dan engkau telah bangun malam untukku dan kamu juga pernah membacaku di waktu siang hari. "Kemudian berkata orang yang pernah membaca Al-Qur'an itu : "Apakah kamu Al-Qur'an?”

Lalu Al-Qur'an mengakui dan menuntun orang yang pernah membaca mengadap Allah S.W.T. Lalu orang itu diberi kerajaan di tangan kanan dan kekal di tangan kirinya, kemudian dia meletakkan mahkota di atas kepalanya.

Pada kedua orang tuanya yang muslim diberi perhiasan yang tidak dapat ditukar dengan dunia walau berlipat ganda, sehingga keduanya bertanya : "Dari manakah kami memperoleh ini semua, padahal amal kami tidak sampai ini?”

Lalu dijawab : "Kamu diberi ini semua kerana anak mu telah mempelajari Al-Qur'an.”

Itulah gambaran seseorang yang memuliakan Al-Qur'an dalam kehidupannya. Oleh sebab itu marilah kita sebagai umat islam bersama-sama untuk memuliakan Al-Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar: