Rabu, 30 November 2011

Tabilgh Akbar Fosi FP 1 Muharam 1433H

(FOSI FP) Festival pertanian madani sebuah kegiatan yang digawangi oleh UKMF FOSI FP dan PERMA AGT yang diselengarakan dari tanggal 25- 27 November 2011 tentunya masih dikawasan Fakultas Pertanian tercinta.

Jumat pagi pelataran gedung Aula terpampang mobil Bus Putih yang disekitarnya banyak mahasiswa yang berantusias untuk mendonorkan darahnya. Wah fenomena yang laur biasa.

Hari pertama festival pertanian madani sukses, keesokan harinya ( sabtu 26 November 2011) Aula pertanian dipenuhi oleh peserta Seminar petanian denga tema “Fiqih Lingkungan dan Keajaiban Tanah”. Yang di Isi oleh seorang Ahli Fisika Tanah di Lampung, beliau adalah Dr.Ir.Afandi.MP yang dulu sempat studi S3 di Gifu University dijepang.

Sebagai umat Islam, kita tentu mengenal ungkapan “Kebersihan adalah sebagian dari iman”, sementara keadaan alam saat ini justru mencerminkan yang sebaliknya. Banyak manusia yang sudah berperilaku tidak peduli terhadap kebersihan apalagi kelestarian alam. Misalnya saja, membuang sampah sembarangan. Ketidak pedulian manusia terhadap alam tersebut dapat membuat alam “marah”. Jika sudah demikian, manusia sendirilah yang akan merasakan dampanya.

Kerusakan lingkungan salah satunya dapat berdampak pada tanah. Tanah tidak lagi subur, tandus, ekosistem didalam tanah rusak. Pada akhirnya, keseimbangan alam akan terganggu. Sebagai umat Islam yang cinta pada kebersihan, sudah selayaknya memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan serta memiliki semangat untuk menjaga dan melestarikan alam.

Siang hari setelah acara seminar pertanian dilanjutkan lomba MTQ tingkat Fakultas pertanian di ikuti oleh 17 peserta. Lantunan ayat-ayat suci Alquran berkumandang dengan lantang membelah kebisingan kampus petanian. Hingga akhirnya melahirkan juara-juara baru yang memiliki talenta yang luar biasa.

Esok hari terdengar sebuah grup Nasyid Ivo (islam voice) melantunkan lagu-lagu islami sebagai pembuka acara Tabligh Akbar di Fakultas Pertanian. Riuh ramai mahasiswa pertanian menghadiri tabligh akabar yang bertepatan dengan 1 muharam1433 H. dengan tema  “Dengan Semangat Pembaharuan Kita Songsong Pribadi  yang Islami”

Dalam tausiyahnya, Ustad Sukirman juga membahas tentang Surat Al-Maidah ayat 54 yaang berbunyi:
“Wahai orang-orang yang beriman. Barang siapa diantara kamu yang murtad (keluar)dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum. Dia mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, dan bersikap lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman, tetapi bersikap keras terhadap orang-orang kafir. Yang berjihad di jalan Allah dan yang tidak takut pada celaan orang-orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah yang diberikannya kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) Maha Mengetahui.”

Ustad Sukirman menjelaskan bahwa, sebagai mahasiswa sudah selayaknya memiliki pribadi yang Islami. Apalagi dalam menyongsong tahun baru ini. Jika generasi tua menjadi buruk, maka Allah bisa saja mengganti generasi yang buruk tersebut  dan menggantinya dengan dengan generasi yang baik .

By; ( Ar Rahmat) Bidang Penerbitan UKMF Fosi FP dan Atika ( Web Unila)

2 komentar:

ran_only mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ran_only mengatakan...

acaranya sepertinya bagus n sukses..sayang sekali kemaren belum bisa ikutan..
terus maju berkarya demi kejayaan Islam!! Allahu akbar!!